KISI-KISI
PAS SEMESTER I BAHASA INDONESIA (WAJIB)
KELAS
X TAHUN PEMBELAJARAN 2019-2020
NO
SOAL
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Teks Laporan
Hasil Observasi
(struktur)
|
Disajikan kutipan teks laporan
hasil observasi,
siswa dapat menentukan struktur teks
|
2
|
Teks Laporan
Hasil Observasi
(kata hubung)
|
Disajikan
kutipan teks laporan hasil observasi yang rumpang, siswa dapat
menggunakan kata penghubung yang tepat
|
3
|
Teks Laporan
Hasil Observasi
(kalimat simpleks)
|
Siswa dapat menentukan kalimat simpleks
|
4
|
Teks Laporan Hasil Observasi
(penggunaan judul)
|
Disajikan topik
pada teks laporan hasil observasi, siswa dapat menganalisis
penggunaan judul
|
5
|
Teks Laporan Hasil Observasi
(penggunaan judul)
|
Siswa
dapat menganalisis pengguaan judul yang sesuai dengan teks laporan
hasil observasi
|
6
|
Teks Laporan Hasil Observasi
(penggunaan judul)
|
Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, siswa dapat menganalisis
penggunaan judul yang tepat
|
7
|
Teks laporan hasil observasi
(istilah)
|
Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, siswa dapat mengartikan
kata yang tercetak miring
|
8
|
Teks laporan hasil observasi
(ungkapan)
|
Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, siswa dapat memaknai
ungkapan
|
9
|
Teks laporan hasil observasi
|
Disajikan dua kutipan teks hasil observasi, siswa dapat menyimpulkan
informasi tersurat dari kedua kutipan teks
|
10
|
Cerita Rakyat (Hikayat)
(istilah)
|
Disajikan kutipan cerita rakyat (hikayat), siswa dapat mengartikan
istilah dalam kutipan teks
|
11
|
Cerita Rakyat (Hikayat)
Sudut pandang
|
Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat mengidentifikasi penggunaan
sudut pandang pengarang.
|
12
|
Cerita Rakyat (Hikayat)
|
Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat menyimpulkan isi tersirat
hikayat.
|
13
|
Teks eksposisi
(kesalahan penggunaan kalimat)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi yang terdapat bagian kalimat yang
kurang tepat, siswa dapat memperbaiki penggunaan kalimat tersebut
|
14
|
Cerita Rakyat (Hikayat)
Karakteristik
|
Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat mengidentifikasi hal-hal fantastis
dalam kutipan hikayat.
|
15
|
Cerita Rakyat (Hikayat)
(tokoh)
|
Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat mengidentifikasi tokoh utamanya
|
16
|
Anekdot
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang, siswa dapat menyimpulkan isi
tersirat dalam teks
|
17
|
Anekdot
|
Disajikan kutipan teks cerita ulang biografi, siswa dapat menyimpulkan
isi tersirat dalam struktur teks
|
18
|
Teks eksposisi
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi masalah
dalam teks
|
19
|
Teks eksposisi
(struktur)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat menganalisis struktur
pada teks
|
20
|
Teks eksposisi
(struktur)
|
Siswa dapat mengidentifikasi struktur teks.
|
21
|
Teks eksposisi
|
Disajikan kalimat-kalimat yang disususn secara acak, siswa dapat
menyusunnya menjadi teks eksposisi yang padu.
|
22
|
Teks eksposisi
(konjungsi)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang, siswa dapat menggunakan
konjungsi untuk mengisi bagian rumpang.
|
23
|
Teks anekdot
(struktur)
|
Disajikan teks anekdot, siswa dapat mengidentifikasi bagian krisis
dalam teks anekdot
|
24
|
Teks anekdot
(struktur)
|
Disajikan teks anekdot, siswa dapat mengidentifikasi bagian orientasi
dalam teks anekdot
|
25
|
Teks anekdot
(sindiran)
|
Disajikan teks anekdot, siswa dapat mengidentifikasi sindiran dalam
teks anekdot
|
26
|
Teks anekdot
(pertanyaan retoris)
|
Disajikan kutipan teks anekdot, siswa dapat menganalisis pertanyaan
retoris pada teks anekdot.
|
27
|
Teks anekdot
|
Disajikan kutipan teks anekdot, siswa dapat menyimpulkan pesan dalam
teks anekdot
|
28
|
Cerita rakyat (hikayat)
Tahapan alur
|
Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat menganalisis tahapan alur
bagian konflik dalam hikayat.
|
29
|
Cerita rakyat (hikayat)
Nilai sosial
|
Disajikan kutipan hikayat, siswa dapat menganalisis nilai sosia dalam
hikayat.
|
30
|
Teks eksposisi
(jenis pengembangan paragraf)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi jenis
pengembangan paragraf yang digunakan dalam kutipan teks
|
31
|
Teks eksposisi
(pola pengembanga)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi pola
pengembangan yang digunakan dalam kutipan teks
|
32
|
Teks eksposisi
(pola pengembanga)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi pola
pengembangan yang digunakan dalam kutipan teks
|
33
|
Teks eksposisi
(struktur)
|
Disajikan lima kalimat dalam
teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi penegasan ulang dalam
kalimat-kalimat tersebut.
|
34
|
Teks eksposisi
(kesalahan kata)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
|
35
|
Teks eksposisi
(topik)
|
Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat menginterpretasi topik
yang digunakan dalam kutipan teks
|
36
|
Ikhtisar
|
Disajikan deretan kata, siswa dapat menentukan urutan identitas buku
yang benar.
|
37
|
Hikayat
|
Disajikan kutipan hikayat dalam bentuk paragraf, siswa dapat menentukan
judul yang tepat.
|
38
|
Ikhtisar
|
Disajikan paragraf, siswa dapat
menentukan informasi yang tepat.
|
39
|
Hikayat
|
Disajikan kutipan hikayat dalam
bentuk paragraf, siswa dapat menentukan watak tokoh.
|
40
|
Eksposisi
|
Disajikan paragraph eksposisi, siswa dapat menentukan pengembangan
paragraph yang digunakan dalam teks.
|
41
|
Eksposisi
|
Disajikan paragraph eksposisi, siswa dapat menentukan pola
pengembangan paragraph yang ada dalam teks.
|
42
|
|
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat menentukan kalimat isi
|
43
|
|
Disajikan paragraph yang rumpang, siswa dapat menentukan isi kalimat
yang tepat
|
44
|
Anekdot
|
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat menentukan kalimat yang bermakna denotasi.
|
45
|
Hikayat
|
Disajikan synopsis teks hikayat,
siswa dapat menentukan jenis alur ceritanya.
|
0 komentar:
Posting Komentar